anak_ilaang at Gunung Slamet 3.428 Mdpl Atap Jawa Tengah

21:52 Unknown 0 Comments

Perlengkapan Saya untuk pendakian kali ini
  • SleepingBag / Kantong Tidur dan Biothermal
  • Nesting / Cooking Set / Alat masak
  • Matras
  • Gaiter
  • Raincoat
  • Pisau Kombinasi (dalemnya ada pisau,gergaji,kikir,tang,oben + dan -,pembuka tutup botol, yaaa you know lah kaya gimana bentuknya)
  • P3K Termasuk obat pribadi
  • Cangkir Kesayangan yg selalu nemenin summit dan sendok kecil untuk kopi
  • Pakaian (pakaian Jalan, Pakaian Tidur, Pakaian Cadangan)
  • Headlamp+Senter Tangan dan Baterai Cadangan
  • Kompor Portable
  • Perbekalan Makanan. (Biasanya saya dan rekan rekan yang berbarengan, meremukan akan membawa apa saja untuk makanan untuk bersama)
  • Semuanya masuk dalam 1 keril kapasitas 55L ^.^
Pendakian kali ini kita hanya ber 5, Saya , Dempok, Utha, Alfat, Bian, dan kita akan melakukan pendakian ke Gunung Selamet Jalur Bambangan Dusun Bambangan – Kutabawa – Karangreja – Purbalingga
Oh iya... kita belum ada satupun yang pernah kesana loh ini, saya saja dulu via guci tidak sampai puncak hanya sampai pos 3, dikarenakan salah perhitungan manajemen pendakian, dan sekarang kita ber 5 berniat harus sampai puncak dan turun kembali ke rumah masing-masing dengan sehat.
Okey jangan banyak basa basi, kita lanjut ke cerita perjalanan kita ber 5, oke Setiap pendakian saya, saya selalu membawa kebutuhan saya sesuai dengan kondisi alam dan track yang akan dilalui serta lamanya pendakian.dan buat kalian yang tidak mengetahui medan Gunung Selamet Seperti apa, kalian bisa baca DISINI
Dan jika kalian cape untuk baca dari awal dan penasaran Kondisi di Gunung Slamet seperti apa, kalian bisa langsung baca di cerita tanggal 3 Desmber 2015 dibawah.
Seperti ini Manajemen Perjalanan Saya

Minggu 29 November 2015
Seperti Biasa, ngumpulin barang yang akan dibawa sekalian langsung di packing ke keril yang kapasitas 55L
Senin 30 November 2015
09:00
Checking Perbekalan dan Prepare berangkat ke Tangerang Banten
11:25
Berangkat Dari Rumah nunggu Bus, dapet Bus Medal Sekarwangi Jurusan Bantarujeg Bandung jam 12:09
Rp. 2.000 Beli Teh Gelas 2 pas nunggu Bis
Rp. 30.000 Ongkos Bis Medal Sekarwangi ke BDG
Rp. 4.000 Beli air mineral
15:13
Turun digerbang Tol Cileunyi Bandung nunggu bis yang ke Tangerang dari arah Tasik, Ciamis, Banjar, namun lama, akhirnya naik Elf ke Leuwi Panjang dari Cileunyi.
Rp. 5.000 Ongkos Elf
16:11
Sampai di Terminal Leuwi Panjang, nyari Bis yang ke Tangeang.
Rp. 2.000 Toilet
Rp. 10.000 Makan Nasi,Semur Telor,Bihun,Kerupuk 1
16:33
Naik Bis Arimbi Jurusan Bandung –Tangerang.
Biaya:
Rp. 80.000 Ongkos Bus
21:00
Sampai di Kebon Nanas jalan dikit ke arah Komplek Sekertaris Negara, ketemu temen yang dulu sempet bareng naik ke Gunung Papandayan, di anterin lah ke Rumah Utha.
Rp. 17.500 Roko Camel Black 1 Bungkus
Rp. 12.000 Pulsa nominal 10.000 Telkomsel
Rp. 10.300 Roko Sampoerna Kretek 1 Bungkus
Total Biaya yang dikeluarin dari Rumah Sumedang ke Tangerang Rp. 172.800
Selasa 1 Desember 2015
14:30
Prepare and Repacking di rumah Utha Sekalian ada yang beli tiket Bus, kita naik Bus Sinarjaya  Bisnis AC Jurusan Tangerang – Bobotsari yang berangkat jadwal 17:00
Biaya : Rp.85.000
16:00
Berangkat dari Rumah Utha di Perum Sekertaris Negara Kebon Nanas, Mampir ke Alfa Booking Tiket Kereta Api Purwokerto – Pasar Senen untuk balik.
Biaya : Rp. 85.000 Tiket Kereta Api Kutojaya Ekonomi 6 ; 22B
16:14
Sampai di Full Bus Sinar Jaya, Nunggu Dempok sambil ngopi
Rp. 4000 Kopi Kapal Api 2 Gelas
17:18
Bis Baru Berangkat setelah lama nunggu temen yang tadi ketinggalan.
21:51
Rest di Rumah Makan Taman Selera Rest Area Tol Cipali – Indramayu lanjut jalan lagi jam 22:30
Rp. 2.000 Toilet
Rp. 5.000 Patungan Beli Roko
Rp. 1.000 Patungan Kopi
Rabu 2 Desember 2015
03:30
Sampai diPertigaan Serayu, Rest sambil berunding logistik.
Rp. 25.000 Patungan Buat Kopi
Rp. 19.000 Patungan Buat Roko
Rp. 50.000 Patungan Logistik, Karena kita akan memanjakan badan di atas sesuai kebutuhan badan masing-masing bhahahahhaaa......
05:20
Berangkat dari pertigaan Serayu pake ojeg ke atas, setelah tawar menawar panjang lebar...
Rp. 40.000 Ongkos Ojeg,
Mahal sih cuman ternyata memang jauh ke basecamp, pantas mahal bhahahaa.....
06:00
Sampai Basecamp, Rest sebentar sambil urus Simaksi.
Rp. 5.000 / Orang buat Simaksi Gunung Selamet
08:13
Mulai Tracking dari Basecamp 1.502 Mdpl , tujuan ke Pos 1 berjalan santai karena landai.
10:05
Sampai di Pos 1 Pondok Gembirung 1.937 Mdpl, rest sebentar dan lanjut lagi jam 10:21.
Dari Basecamp kita akan berjalan melewati Perkebunan Warga serta lapangan, Vegetasi di dominasi hutan Pinus.
12:30
Sampai di Pos 2 Pondok Walang 2.258 Mdpl, Rest Sambil bikin konsumsi hangat, kita bikin mie rebus sama kopi, karena kondisi saat itu hujan sedang, dan kita membuat bivak kecil untuk kita berlima pakai Flysheet, setelah badan mulai hangat kita lanjut jalan lagi jam 13:45.
Track lebih menanjak dari track sebelumnya Basecamp-Pos 1, dan vegetasi hutan semakin rapat.
15:15
Sampai di Pos 3 Pondok Cemara 2.510 Mdpl, di sini kita tetap jalan karena hari sudah mulai sore dan menurut peta jarak Pos 3 dan Pos 4 Dekat hanya beberapa menit,
Di Track terdapat percabangan jalur dari pemalang sekitar 20 Menit dari Pos 2, Perhatikan arah panah saat perjalanan Tur un.
15:21
Sampai di Pos 4 Samaranthu 2.688 Mdpl, Rest sebentar ngatur Nafas, kita lanjut lagi jam 16:31.
Jalur disini masih dalam suasana Hutan lebat, dan konon dikatakan sebagai Pos paling Angker dan juga banyak Babi Hutan disini, makannya namanya Samaranthu, itu menurut Info Warga Lokal.
17:06
Sampai di Pos 5 Samyang Rangkah 2.795 Mdpl, kita buka tenda disini karena kondisi hari sudah malam dan hanya disini sumber air yang ada di jalur Bambangan, namun air nya berbau blerang, karena air nya dari aliran sungai dari atas, bukan sumber air dari tanah.
Di pos 5 juga rawan babi hutan (memang semuanya rawan sih, karena kita masuk ke kawasan habitat nya)di sini kita bisa ambil air ke arah kiri kalo saat naik,turun kebawah sekitar 10 menit, dan disini Vegetasi mulai didominasi Hutan Lamtoro.
Total Biaya yang dikeluarin dari Rumah Tangerang ke Purbalingga (Pos 5 Via Bambangan)  Rp. 321.000 ini biaya kereta pulang dan bis berangkat, logistik dan simaksi.
Kamis 3 Desember 2015
05:20
Prepare Muncak bawa barang yang mungkin akan terpakai di sepanjang jalur sampai puncak terutama Air sisa yang dibawa dari basecamp, kita irit air dikarenakan air di Pos 5 saat itu bau Blerang.
05:29
Mulai jalan Sumit.
05:58
Sampai di Pos 6 Samyang Katebonan 2090 Mdpl, rest atur nafas dulu dan kita lanjut jalan lagi tujuan pos 7 jam 06:03.
Disini jalur sudah mulai berdebu kalau kemarau dan didominasi hutan Lamtoro,serta disini sering terjadi badai.
06:30
Sampai Pos 7 Samyang Kendit 3.040 Mdpl, rest isi cairan tubuh biar ga dehidrasi heheee.... kita jalan lagi ke Pos 8 Jam 07:04.
Kondisi alam disini dimoniasi pohon-pohon pendek, pohon lamtoro dan pemandangan sudah mulai terbuka, baik lihat kebawah atau keatas, pepohonan rapat sudah mulai tidak ada karena itu pemandangan sudah terbuka.
07:13
Sampai Pos 8 Samyang Jampang 3.092 Mdpl, rest sebentar atur nafas lanjut jalan lagi jam 07:15
Disini kondisi alam hampir sama dengan kondisi alam di Pos 7. Jalur selanjutnya dari Pos 8 Ke Pos 9 kita akan melewati jalan yang menyerupai lorong, didominasi bebatuan dan pasir serta masih didominasi pohon lamtoro.
07:38
Sampai di Pos 9 Pelawangan 3.172 Mdpl, rest kita disini niat ngopi dulu namun Anaknya anang Mas Dempok lupa bawa gas, akhirnya kita hanya ngisi perut pake roti dan lanjut jalan lagi jam 08:23
Kondisi alam disini pemandangan sudah terbuka, batas vegetasi hutan dan mulai batu pasir track nya, jalur sampai puncak terlihat jelas didominasi bebatuan dan pasir.
09:27
Sampai di Puncak Gunung Slamet 3.428 Mdpl.
Disini kita tidak terlalu lama karena waktu sudah mulai siang dan memang kondisi saat itu masih dalam kondisi penghujan,yang dikhawatirin adalah badai atau kabut saat di puncak, jika itu terjadi, jalur untuk turun tidak akan terlihat, maka kita hanya sekedar Ngemil, Photo-Photo Ganteng habis itu kita turun jam 10:30
11:17
Sampai di Pos 9 Pelawangan 3.172 Mdpl, Rest Sebentar sebatang dulu sambil menikmati pemandangan yaaaang Subhanallah pokonya, susah di tulis di artikel ini, nanti saja saya upload dokumentasinya. Kita lanjut jalan lagi jam 11:28
11:37
Sampai Pos 8 Samyang Jampang 3.092 Mdpl,  hanya lewat saja sambil ngatur nafas, lanjut jam 11:38
11:41
Sampai Pos 7 Samyang Kendit 3.040 Mdpl Rest aga lama dari rest di Pos 8, 2 batang an lah... lanjut jalan lagi kita jam 11:50
12:09
Sampai di Pos 6 Samyang Katebonan 2090 Mdpl  kita hanya lewat karena Pos 6 dan Pos 5 deket dan juga saat itu sudah mendung bakal hujan lebat diliat dari awan hitam yang begitu tebal.....
12:20
Sampai di Pos 5 Samyang Rangkah 2.795 Mdpl, Rest dan menginap 1 malam lagi disini sebelum turun ke basecamp. Dan kondisi cuaca saat itu hujan lebat, dingin-dinginpun dikarenakan butuh tetap keluar buat nadahin air hujan karena perbekalan air kita menipis.
Jumat 4 Desember 2015
08:15
Prepare And Packing, Turun Gunung kita jam 08:38
08:49
Sampai di Pos 4 Samaranthu 2.688 Mdpl, Rest Hanya ngatur Nafas
09:15
Sampai di Pos 3 Pondok Cemara 2.510 Mdpl, Rest Sebatang dulu.... kita lanjut lagi jalan jam 09:31
09:56
Sampai di Pos 2 Pondok Walang 2.258 Mdpl, rest aga lama karena kita ngopi dulu pake air hujan yang di tadahin di pos 5 bhahahaaa.....  kita jalan lagi jam 10:49.
11:19
Sampai di Pos 1 Pondok Gembirung 1.937 Mdpl,  Rest lagi, dan ngopi lagi, kita lanjut turun jam 12:00
13:50
Sampai Basecamp 1.502 Mdpl,  Dalam Keadaan Sehat Alhamdulillah Rest dulu masak lagi sisa logistik dan ngopi lagi.
15:30
Turun dari basecamp pake mobil Pickup carter bareng dengan rombongan yang lain yang sama tujuan ke Stasiun Purwokerto
Rp. 40.000 Ongkos Carter Pickup/Orang
16:56
Sampai Stasiun Kereta Api Purwokerto, Jam 17:00 kita jalan ke warung Mie Ayam Baso Gundul Punya Bapa Nya Arif (Teman dari teman saya orang Tangerang) kita jalan dari stasiun ke warungnya itu hanya 20 Menit an.
Rp. 10.000 Mie ayam minum Es Teh Manis
18:33
Balik lagi ke Stasiun di anterin Engkas (Temen dari Temen saya orang Tangerang)
Rp. 22.000 Beli Roko Marlboro Merah
19:28
Naik kereta Kutojaya Utara / 191
Ekonomi Gerbong 6 Kursi 22B
Total Biaya yang dikeluarin dari Puncak sampai Naik Kereta  Rp. 72.000
Sabtu 5 Desember 2015
00:57
Sampai di Stasiun Pasar Senen,Rest Sambil nunggu Willi, dan willi datang jam 01:20 langsung naikin keril ke mobil, lanjut Tangerang...
03:00
Sampai di Tangerang, Rest di rumah Utha sebelum pulang ke Kota Bumi, pulang ke Kota Bumi Jam 04:15
05:00
Sampai di Kota Bumi pulang bareng Wili, karena rumah kita deketan, dan saya stay dulu beberapa hari sebelum Lanjut pulang ke Sumedang.
Rabu 9 Desember 2015
07:30
Packing Pulang Ke Sumedang
08:00
Berangkat Dari Kota Bumi ke SMPN 5 Tangerang, Samapi SMPN 5 Tangerang Jam 08:44, Nunggu Bus yang ke arah Bandung.
Rp. 5.000
08:55
Naik Bus Primajasa jurusan Tangerang – Bandung, sampai Bandung – Terminal Leuwi Panjang jam 12:00
Rp. 75.000  Ongkos Bus Primajasa TNG-BDG
13:40
Naik Elf Jurusan Leuwi Panjang Bantarujeg
Rp. 35.000 Ongkos Elf
15:20
Sampai Rumah dalam keadaan Sehat Alhamdulillah
Total Biaya yang dikeluarin dari Kota Bumi Tangerang sampai Sumedang Rp. 115.000

Ini Total Semua Pengeluaran dari Sumedang – Tangerang – Jakarta – Purwokerto – Jakarta – Tangerang – Sumedang.